Kamis, 26 Mei 2011

>> Resep Nasi Uduk Spesial

Resep Nasi Uduk Spesial

Hayoo siapa yang doyan makan nasi uduk angkat tangan!

Yup, nasi uduk merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang paling digemari. Rasa gurih yang berasal dari santan sangat familiar dengan lidah orang Indonesia. Hal ini menjadikan nasi uduk sebagai makanan favorit keluarga Indonesia. Walaupun sangat populer, ternyata tidak semua orang bisa membuat nasi uduk lho.

Nah, di halaman ini kita akan belajar mengenai bagaimana membuat nasi uduk spesial yang memiliki rasa dan aroma yang sangat lezat dan tentunya mudah untuk dibuat.

Resep Nasi Uduk Spesial

nasi udukMembuat Nasi uduk tidaklah sesulit yang dibayangkan. Prosesnya sama dengan membuat nasi pada umumnya, hanya saja pada saat memasaknya ditambahkan bumbu-bumbu untuk memperkaya rasanya. Ok, tanpa banyak bicara ini dia resep nasi uduk spesial nya :

Bahan yang diperlukan :
1/2 kg beras, cuci bersih kemudian tiriskan
850 ml santan cair
2 lembar daun salam
1 batang sereh, ambil bagian putihnya saja kemudian geprek
garam secukupnya

Cara membuat:
1. Kukus beras yang sudah dibersihkan sampai setengah matang.
2. Sementara itu panaskan santan cair hingga mendidih bersama garam, daun salam dan sereh. Aduk-aduk, pastikan santan tidak pecah kemudian angkat.
3. Masukkan beras yang telah dikukus setengah matang kedalam santan saat masih panas. Aduk terus hingga santan dan beras tercampur (sampai santannya habis) kemudian angkat.
4. Buang sereh dan daun salam.
5. Kukus kembali beras yang sudah tercampur dengan santan hingga matang.
6. Sajikan saat masih hangat dengan taburan bawang goreng dan emping goreng. Nasi uduk juga kurang nikmat jika tidak disantap bersama sambal dan semur kentang atau semur daging.

Tidak ada komentar: